Ceramah Abuya Uci Tentang Kian Santang

Ceramah Abuya Uci Tentang Kian Santang, Ceramah Ustadz Adi Hidayat Tentang Puasa

Legenda Kian Santang

KIAN Santang adalah Tokoh tasawuf dari tanah pasundan yang ceritanya sangat me-logenda khususnya di hati masarakat pasundan; dan kaum tasawuf ditanah air pada umumnya.

Di ceritakan Sang Kiansantang ini karena saking saktinya hingga dia rindu kepingin melihat darahnya sendiri seperti apa.
Hingga sampailah di suatu ketika sa'at dia mendapat wangsit di tapabratanya bahwah di tanah Arab terdapat orang sakti mandraguna yang tak terkalahkan.
Konon: dengan ajian Napak Sancangnya raden kian santang mampu mengarungi lautan dengan berkuda saja.
"Di mana dalam ceritanya ketika sampai di pesisir beliau bertemu seorang kakek ,dan padanya dia minta untuk di tunjukan di mana orang sakti yang Kian Santang maksud tersebut''.
Dan dengan senang hati si-kakek tersebut menyanggupi untuk menunjukkannya, namun sebelumnya dia mengajak dahulu Kian-Santang untuk mampir ke rumahnya.
Al-kisah setelah sampai di rumahnya. ternyata, tongkat dari sang kakek tersebut tertinggal di pesisir dan minta kian santang untuk mengambilkanya ,konon dikisahkan Si-Kian Santang tak mampu mencabutnya sampai tanganya berdarah-darah ,disitulah Kian Santang baru sadar kalau kakek itu adalah orang yang di carinya.
Dan akhirnya dengan membaca kalimah syahadat yang di ajarkan sang kakek tadi "yang akhirnya menjadi guru spiritualnya" tongkat tersebut dapat di cabut .dan siapakah kakek tersebut? ya dia adalah taklain dan tak bukan syaidina ali r.a menantu dari baginda nabi muhamad s.a.w.

youtu.be/heY4LxMhUTI

@Ikbal hirata

#Raden Kian Santang