Ceramah Kultum Singkat Bulan Ramadhan

Ceramah Kultum Singkat Bulan Ramadhan, Contoh Ceramah Maulid Nabi Di Sekolah

CONTOH TEKS KULTUM RAMADHAN 1443 H
TEMA : 5 PERKARA YANG MERUSAK PAHALA PUASA
Oleh Admin Chanel Youtube Olah Rasa Olah Kata

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ النَّبِي الْـمُصْطَفَى، وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى، أَمَّا بَعْدُ

فَقَالَ اللهُ تَعَالَى فِى الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ ،  

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ. صَدَقَ اللهُ العَظِيْمُ وَصَدَقَ رَسُوْلُهُ النَّبِي الكَرِيمِ و نَحنُ عَلَى ذَالكَ مِنَ الشَّهِدِينَ وَالشَّكِرِيْنَ وَ الْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ.

Bapak Ibu yang berbahagia, yang pertama marilah kita bersyukur kepada Allah karena pada malam hari ini, kita masih diberikan kesehatan, kekuatan, nikmat iman dan nikmat Islam, sehingga mampu melangkahkan kaki mengayunkan tangan menggerakkan badan hadir di Masjid Nurul hidayah ini semoga berkumpulnya kita di sini menjadi isyaroh bahwa kita akan berkumpul di surganya Allah aamiin ya robbal alamin...

Yang kedua shalawat beriring kan salam mari kita hadiahkan kepada nabi pemimpin umat, kepada nabi pemberi syafaat, beliau Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Semoga kita semua yang hadir di sini mendapatkan syafa'atnya di yaumil akhir nanti, aamiin Allahumma aamiin... aamiin ya robbal alamin..

Bapak ibu yang insya Allah dirahmati oleh Allah subhanahu wa ta'ala

Pada kesempatan ini insyaallah sedikit kami akan berbagi tentang 5 perkara yang merusak pahala puasa.

Jadi bapak ibu ada  perkara yang membatalkan  ibadah puasa ada pula perkara yang membatalkan pahala puasa jadi perkara ini tidak kemudian membatalkan puasa tapi hanya sekadar merusak pahalanya seakan-akan ia tidak berpuasa.

5 lima perkara ini dijelaskan dalam sebuah hadis

خَمْسٌ يُفْـطِرْنَ الصَّائِمَ: الْكَـذِبُ، وَالْغِيْبَةُ، وَالنَّمِيْمَةُ، وَالنَّظْرُ بِشَهْوَةٍ، وَالْيَمِيْنُ الْكَـاذِبٍُ

Dari hadits ini dapat kita pahami bahwa ada lima perkara yang akan membatalkan pahala puasa kita

Yang pertama الْكَذِبُ  berbohong, berbohong itu  pak mengatakan suatu keadaan tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Sekarang ini Bapak ibu, berbohong itu tidak hanya sekedar dengan lisan kita, tidak sekadar dengan lidah kita, tapi kita bisa berbohong sekadar dengan jari  kita, betul tak pak? bahkan dengan jari kita ni kita bukan hanya sekadar bisa berbohong tapi bahkan bisa menyebarkan kebohongan, ada hp ada kuota ada bahan untuk berbohong ha selesai lah tu, dengan modal itu jangan kan bohongi tetangga, jangankan bohongi satu kampung, bohongi satu negara pun bisa. maka zaman sekarang ini hati-hati Pak, kalau kita dapat informasi kita teliti dulu informasi tersebut, benar atau tidak, valid atau tidak. kalau sudah jelas kebenarannya barulah kemudian boleh kita sampaikan atau kita teruskan kepada orang lain. Mari bulan ramadhan ini kita jadikan momentum untuk intropeksi pernahkah kita berbohong atau menyebarkan kebohongan, jika pernah maka mari kita evalusia kita berbenah diri, jangan sampai dibulan mulia ini kita masih tetap berbohong. 

Yang kedua الغِيْبَةُ (menggunjing)

Bapak ibu yang berbahagia, gibah ini penyakit, kalau kita sudah terlanjur suka menggibah akan sangat sulit bagi kita untuk lepas darinya, kadang kita memang bukan bukan orang yang menyampaikan ghibah tapi  orang yang mendengarkan ghibah. keduanya sama saja bapak ibu, kadang kita ingin membuat orang tertawa dengan ghibah,  ingin membuat orang penasaran dengan ghibah, ingin membuat bahan pembicaraan dengan ghibah, memang ghibah ini menarik tapi azabnya juga menarik bapak ibu. termasuk orang yang bangkrut di akhirat nanti adalah orang yang suka ghibah, kenapa pengghibah dikatakan orang yang bangkrut, orang yang suka ghibah sekalupiun dia merasa sering ke masjid, dia merasa sering membayar zakat, dia sering membantu sesama. Bisa saja dimasukkan ke dalam neraka. karena pahala nya ditransfer kepada orang yang dia ghibah dan kemudian karena pahalanya sudah habis gantian dosa orang yang dia ghibah ditransfer kepada dirinya, semoga kita dijauhkan dari sifat ini, aamiin allahumma aamiin..

Contoh Kultum Ramadhan
Oleh Admin Olah Rasa Olah Kata
1. Meningkatkan Iman di bulan ramadhan
youtu.be/zaWwyMCVefg
2. Lima Perkara yang merusak pahala puasa
youtu.be/EuXKx99lxog
3. Hikmah Ruhiyah Puasa Ramadhan
youtu.be/h3lWAyeLbVs
4. Meraih Ampunan pada bulan Ramadhan
youtu.be/cNDkuF9DXuc
5. Kebahagiaan bagi orang yang berpuasa
youtu.be/7RAndHsPsq8
6. Keutamaan Sholat Tarawih
youtu.be/ZlKuFVRhFhU

untuk mendapatkan teks format PDF per tema biaya 10rb, paket 6 tema 30rb.
transfer ke rek Rek BRI 363801025721530
AN *Akhmad Nurmasduki*
konfirmasi dgn menunjukkan bukti transfer ke WhatsApp kami: api.whatsapp.com/send?phone=6282139230296
atau cukup sekedar share video yg diminta teksnya ke medsos dan kirim bukti screenshotnya.
File akan kami kirim via WA