Ceramah Ramadhan Bulan Berkah

Ceramah Ramadhan Bulan Berkah, Ceramah Abdul Somad Tentang Suami Istri

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa (saum) dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad menurut keyakinan umat Muslim. Perayaan tahunan ini dihormati sebagai salah satu dari rukun Islam. Bulan Ramadan akan berlangsung selama 29–30 hari berdasarkan pengamatan hilal, menurut beberapa aturan yang tertulis dalam hadis.

Selama berpuasa dari pagi hingga petang, Muslim dilarang untuk makan, minum cairan apapun, merokok, dan berhubungan seksual. Selain itu, mereka diperintahkan untuk menghindari perbuatan dosa untuk menyempurnakan pahala puasa, seperti berkata yang jelek (seperti menghina, memfitnah, mengutuk, berbohong) dan berkelahi. Makanan dan minuman dapat disediakan setiap hari, yakni ketika sebelum Matahari terbit (Subuh) hingga terbenamnya Matahari (Magrib). Pendekatan spiritual (taubat) ketika bulan Ramadan ramai dilakukan. Berpuasa bagi Muslim saat Ramadan biasanya diikuti dengan memperbanyak salat dan membaca Al-Quran.

Kekhususan bulan Ramadan bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Al-Quran pada surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa."

— (Al-Baqarah 2: 183)

ceramah KH Zainudin MZ
youtu.be/jGR8_C0ZOL4
Hikmah berpuasa

youtu.be/PD1zsrGzmjg
Kisah Umar Bin Khattab

youtu.be/z8n0tktMYJo
Bila alam Mulai Bicara

youtu.be/irzOYE3WIFg
Kisah Nabi Ibrahim AS dan Raja Namruz

youtu.be/fVDlaW7rEFE
Kisah Nabi Adam AS

youtu.be/eb60w1bGXMg
Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW